Rabu, 30 April 2014

Tulisan 6 (Softskill)

Solo Adakan Acara Car Free Night Pada Malam Tahun Baru



Pengusaha bus kota dan angkutan kota di Surakarta menyatakan kesiapannya untuk mengerahkan armada hingga malam hari di malam pergantian tahun. Hal itu dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan car free night yang diselenggarakan di ruas Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Jenderal Sudirman.
Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Surakarta telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Bus kota dan angkot siap untuk mengangkut penumpang yang ingin menikmati malam tahun baru di car free night.
Ketersediaan kendaraan umum itu mutlak dibutuhkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di malam pergantian tahun. Sehingga jalan tidak bertambah macet. Bus kota dan angkot tersebut akan disiagakan hingga lewat tengah malam untuk mengangkut kembali warga yang hendak pulang.
Pemerintah Kota Surakarta menggelar car free night di dua jalan protokol. Penyelenggaraan car free night ini adalah untuk kedua kalinya, setelah tahun lalu mereka menggelar acara serupa.
Dua jalan protokol tersebut akan dibebaskan dari kendaraan bermotor sepanjang 5 kilometer. Kawasan bebas kendaraan akan diberlakukan sejak pukul 21.00 hingga 01.00.Pengoperasian angkutan tersebut bukan semata-mata karena permintaan dari pemerintah. Banyak warga yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum daripada harus kebingungan mencari tempat parkir di kawasan car free night.
Esensi dari penyelenggaraan car free night ini adalah untuk mengurangi emisi gas buang. Selain itu, penggunaan kendaraan umum juga dimaksudkan untuk mencegah kemacetan di ruas jalan lain. Pelaksanaan car free night pada kali ini bakal lebih meriah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain menggelar pentas seni di tujuh panggung yang disediakan, mereka akan menggelar tari kolosal. Sebanyak 2.013 penari jaran kepang akan memeriahkan malam pergantian tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar