Minggu, 09 Juni 2013

Proposal Usaha

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1      Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika manusia membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu,  roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

1.1               Visi
·                    Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·                    Menjadi salah satu usaha kuliner tersukses di Jakarta.


1.2           Misi
·                    Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
·                    Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
·                    Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
·                    Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yg memukau.


1.3         Tujuan Usaha
Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses di Jakarta dengan omset yang tinggi.

BAB 2 BUSINESS SUMMARY

2.1      Profil Usaha

Nama Usaha      : Kadai Roti Bakar
Jenis Usaha        : Kuliner
Alamat Usaha    : Jalan Raya Kemuning No.21, Jakarta Pusat
Telepon               : 085690174304

2.2      Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana dari Bank sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat surat izin usahanya.

BAB 3 PRODUK

3.1      Gambaran Produk
Produk roti bakar saya berbeda dari roti-roti bakar yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu roti bakar. Saya tidak hanya menjual roti bakar biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni roti bakar buah dan roti bakar ice cream. Tidak hanya menjual roti bakar, saya juga menjual aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, maupun ice cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual roti bakar, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.

3.2    Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.

3.3    Gambaran Penjualan
            Dalam pelaksanaannya nanti, saya akan menjual roti bakar ditempat yang strategis, yakni di Jalan Kemuning Raya No.21 Jakarta Pusat  yang merupakan salah satu tempat yang strategis di Jakarta. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan roti bakar saya dapat berjalan dengan sukses.

BAB 4 ANALISIS SWOT

1.       Strenght (Kekuatan)
·                    Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya yaitu roti bakar buah dan roti bakar ice cream.
·                    Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
·                    Rasanya sangat enak.
·                    Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
2.      Weakness (kelemahan)
·                    Tidak cocok buat orang yang tidak suka roti, buah, ataupun ice cream.
·                    Belum mempunyai cabang.
3.      Opportunity (Peluang)
·                    Di gemari sebagian besar masyarakat.
·                    Ciri khas menu yaitu roti bakar menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
·                    Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.

4.      Threat (ancaman)
·                    Banyak saingan diluar sana.
·                    Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
·                    Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).

BAB 5 PERENCANAANKEUANGAN

Total biaya pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,- dengan rincian sebagai berikut =
1.            Biaya Tetap (Fixed Cost)
-Kontrak toko/bulan                                                       Rp    1.000.000,-
-Kursi, meja, lemari                                                         Rp    5.000.000,-
-Pemanggang roti 3 unit                                                                Rp       750.000,-
-Kompor gas 3 unit                                                          Rp    1.200.000,-
-Peralatan memasak lainnya                                       Rp    2.500.000,-
-Peralatan makan-minum                                            Rp    2.500.000,-
-Kulkas                                                                                 Rp    1.500.000,-
-Listril, air, dll                                                                      Rp       300.000,-
-Pembuatan banner, stiker daftar harga                                Rp         50.000,-
Total                                                                                      Rp 14.800.000,-

2.            Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
-Roti                                                                      Rp       500.000,-
-Aneka macam selai                                        Rp       300.000,-
-Coklat dan ceres                                             Rp       300.000,-
-Kacang                                                                                Rp       200.000,-
-Keju                                                                     Rp       300.000,-
-Pisang                                                                 Rp       200.000,-
-Susu                                                                     Rp       300.000,-
-Mentega/margarin                                        Rp       200.000,-
-Aneka macam buah                                      Rp       300.000,-
-Aneka rasa ice cream                                    Rp       300.000,-
-Es batu                                                                Rp       150.000,-
-Gas                                                                       Rp       300.000,-
-Plastik, kertas roti, sedotan, dll                                Rp       250.000,-
Total                                                                      Rp   3.500.000,-

3.      Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 14.800.000,- + Rp 3.500.000,-
TC = Rp 18.300.000,-

4.      Daftar Harga
-Harga Roti Bakar Buah                                  = Rp   15.000,-
-Harga Roti Bakar Es Krim                              = Rp    15.000,-
-Harga Roti Bakar Coklat                                = Rp    10.000,-
-Harga Roti Bakar Keju                                   = Rp    10.000,-
-Harga Roti Bakar Coklat Keju                     = Rp    13.000,-
-Harga Roti Bakar Pisang Coklat                  = Rp    13.000,-
-Harga Roti Bakar Pisang Keju                     = Rp    13.000,-
-Harga Roti Bakar Coklat Kacang                                = Rp    13.000,-
-Harga Jus Buah                                                                = Rp    10.000,-
-Harga Es Buah                                                  = Rp    13.000,-
-Harga Es Krim                                                   = Rp    13.000,-

5.      Pendapatan
Target penjualan roti bakar per hari adalah 30 porsi. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 600 porsi.
Pendapatan Harian         = Rp 10.000,- x 30       = Rp 300.000,-
Pendapatan Bulanan      = Rp 300.000,- x 20     = Rp 6.000.000,-

6.      Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya Variabel                                                                        =                       Rp 3.500.000,-
Hpp per Porsi                                     = Rp 3.500.000,- / 600                     = Rp 5.833,- ≈ Rp 6.000,-
Laba yang diinginkan                      = Rp 10.000.- ─ Rp 6.000,-             =                       Rp 4.000,-

7.      Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
BEP = Biaya Tetap = Rp 18.300.000,- = 4575 porsi
            Profit               Rp 4.000,-
Berarti akan BEP dalam = 4575/600 = 7.625 bulan

SUMBER DANA INVESTASI
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank, yaitu:
Modal sendiri    : Rp    9.150.000,00    (50%)
Kredit Bank         : Rp    9.150.000,00    (50%)

Total                      Rp     18.300.000,00 (100%)